Peristiwa teror itu sudah berlangsung 11 tahun lamanya. Pemerintah Amerika Serikat bahkan sudah menetapkan Al Qaeda berada di balik serangan gedung kembar WTC, 11 September, 11 tahun lalu. Meski begitu, setidaknya masih ada lima teori konspirasi yang jadi perdebatan ramai di komunitas-komunitas online. Kelima itu antara lain:

1. Gagal Mencegat Pesawat
Mengapa angkatan udara terkuat di dunia gagal mencegat empat pesawat yang dibajak?

Teori konspirasi mengatakan wakil presiden Dick Cheney memerintahkan militer diam dan tidak menghadang pesawat itu.

2. Ambruknya Menara Kembar
Mengapa Menara Kembar ambruk begitu cepat di atas landasannya setelah kebakaran di beberapa lantai yang hanya satu atau dua jam?

Teori konspirasi mengatakan Menara Kembar dirobohkan oleh penghancuran terkendali. Teori-teori ini berkaitan dengan cepatnya ambruk (sekitar 10 detik), kebakaran pendek (56 menit di WTC 2 dan 102 menit di WTC 1), laporan-laporan suara ledakan sesaat sebelum ambruk, dan tekanan yang dapat dilihat dari beberapa jendela di banyak lantai bawah.

3. Serangan terhadap Pentagon
Bagaimana pilot amatir menerbangkan pesawat komersial dengan manuver kompleks menerabas markas besar militer paling kuat di dunia, 78 menit setelah laporan pertama kemungkinan pembajakan pesawat, dan tak meninggalkan jejak?

Teori konspirasi mengatakan pesawat komersial Boeing 757 tidak menabrak gedung, tapi dilakukan sebuah rudal, pesawat kecil, atau pesawat tak berawak.

4. Pesawat Keempat United Airlines 93
Mengapa tempat pesawat jatuh di Shanksville, Pennsylvania, begitu kecil dan mengapa puing pesawat itu tidak terlihat?

Teori konspirasi mengatakan pesawat United Airlines 93 ditembak jatuh oleh rudal dan hancur di udara, puingnya berserakan di area yang luas. Selain itu, militer tidak pernah memberikan perintah kepada angkatan udara untuk menembak pesawat komersial.

5. Ambruknya WTC Gedung 7
Bagaimana sebuah gedung pencakar langit yang tidak ditabrak pesawat roboh begitu cepat dan simetris, padahal tak ada pencakar langit berangka baja yang ambruk karena api?Kantor bantuan darurat, CIA, dan Secret Service berkantor di World Trade Center Building 7.

Teori konspirasi mengatakan World Trade Center Building 7 dirobohkan oleh penghancuran terkendali dengan menggunakan bahan peledak dan bom.

l INDEPENDENT | ALJAZEERA

Sumber: tempo.co

 

 

 

Advertisements